Komandan Iran yang Tembak Jatuh Pesawat Penumpang Ukraina Dijatuhi Hukuman 13 Tahun

Cloud Hosting

Sementara itu, keluarga korban menolak hukuman itu sebagai “putusan palsu”. Mereka menilai pihak berwenang Iran telah gagal mengadili mereka yang paling bertanggung jawab atas bencana tersebut.

Asosiasi Keluarga Korban Penerbangan PS752, sebuah kelompok internasional yang mencari keadilan bagi mereka yang terbunuh, mengeluarkan pernyataan pada Minggu (16/4/2023) yang mengatakan keluarga korban tidak pernah mengakui pengadilan Rezim Islam sebagai pengadilan yang sah.

Bacaan Lainnya

Kelompok ini mengklaim pengadilan telah gagal untuk menuntut “pelaku utama” insiden tersebut, alih-alih menuntut “sepuluh perwira rendah dengan ketidakjelasan latar belakang dan identitas mereka.”

Asosiasi mengutuk persidangan sebagai “putusan palsu”, setelah sesi pengadilan diadakan secara pribadi, dengan keluarga korban tidak hadir untuk persidangan. Lebih dari 70 pengadu dari keluarga korban telah mencabut pengaduan mereka sebelum hukuman dijatuhkan dan menolak kompetensi pengadilan.

Kelompok tersebut menganggap kasus tersebut masih terbuka, dan menuntut sengketa tersebut dipertimbangkan oleh Mahkamah Internasional.

Jatuhnya jet penumpang terjadi pada saat ketegangan meningkat dengan Amerika Serikat, beberapa jam setelah Iran meluncurkan serangan rudal balistik di pangkalan AS di Irak – tindakan pembalasan atas pembunuhan pesawat tak berawak AS terhadap komandan Pasukan Quds Iran Qassem Soleimani.

Pada saat itu ribuan pengunjuk rasa anti-pemerintah di Teheran turun ke jalan untuk mengecam kecelakaan itu, dengan beberapa menyerukan pencopotan pemimpin tertinggi Iran dan menuntut mereka yang bertanggung jawab.

Dari mereka yang tewas dalam kecelakaan itu, 138 sedang melakukan perjalanan ke Kanada. Di antara para korban adalah 82 orang Iran, 63 orang Kanada, 11 orang Ukraina, 10 orang Swedia, empat orang Afghanistan, tiga orang Jerman, dan tiga orang Inggris.

Baca berita kami di GOOGLE NEWS

Pos terkait

Tinggalkan Balasan