Cari Uang di Rumah saat Pandemi Covid-19

  • Bagikan

Wabah virus Corona atau Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan kita. Dampak ekonomi salah satu yang paling dirasakan masyarakat. Banyak orang kehilangan pekerjaannya dan pemilik usaha yang terpaksa gulung tikar.

Disituasi wabah seperti sekarang ini mencari pekerjaan menjadi sulit sebab pemerintah menganjurkan para pekerja untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Pembatasan aktivitas di luar rumah dilakukan untuk menekan penyebaran virus Corona yang terus meningkat.

Meskipun situasi sedang sulit sebenarnya tetap ada peluang untuk mendapatkan penghasilan. Berikut Maucash sudah merangkum jenis pekerjaan yang bisa kamu kerjakan dari rumah untuk mendapatkan penghasilan. Pekerjaan ini juga bisa kamu lakukan sebagai sampingan selama kamu bekerja dari rumah.

1. Dapatkan penghasilan dari Youtube

Bukan rahasia lagi kalau sekarang banyak orang yang bercita-cita ingin menjadi Youtuber karena penghasilannya yang bikin ngiler. Contohnya Atta Halilintar, dengan jumlah subscriber mencapai 20,4 juta orang, beredasarkan data Socialblade diestimasi dia telah memiliki pendapatan menyentuh angka US$3,2 juta atau sekitar Rp 44,8 miliar per tahun atau kurang lebih 2 miliar per bulan. Penghasilan dari Youtube fantastis bukan?

Sebagai Content Creator Youtube kamu bisa mendapatkan penghasilan lewat beriklan di Google Adsense, membuat konten bersponsor, bergabung dalam affiliate marketing atau menjual produk kamu sendiri di cahnnel Youtube kamu.

Untuk pendapatan Adsense di Indonesia, perhitungan kasarnya adalah kamu bisa mendapat sekitar Rp 7.000 rupiah per 1000 tayangan. Jadi kalau video yang kamu upload ke Youtube mendapatkan 1 juta views, artinya kamu memperoleh setidaknya sekitar Rp7.000.000. Angka yang lumayan banget bukan? Lebih dari UMR berkerja di Jakarta!

Untuk membuat video di Youtube pun sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu cuma butuh kamera (bisa menggunakan kamera HP), laptop atau komputer untuk edit video dan internet untuk mengupload video.

Dari segi konten video ada banyak sekali konten yang bisa kamu buat bahkan bisa menyesuaikan minat kamu. Mulai dari konten tips dan trik, tutorial, vlog, top list, game, komedi dan masih bayak lagi.

Kamu juga bisa menyesuaikan dengan minatkamu. Kalau kamu suka memasak, kamu bisa membuat channel tutorial memasak. Kalau kamu suka game, kamu bisa membuat channel bermain game seperti Jess No Limit yang sudah bisa membeli mobil Ferari dari hasil bermain game di channel Youtubenya.

Tapi dari semuanya, yang paling penting adalah konsistensi. Kamu harus tekun menjalaninya dan rajin meng-upload video. Tentunya semua ini bisa kamu lakukan tanpa harus keluar rumah. Dan bisa mengisi waktu luang bagi kamu yang bekrja dari rumah (WFH).

2. Jual baju pre-loved/ thrift online

Saat ini baju-baju bekas impor atau yang disebut pre-loved atau thrift sangat laku dijual di marketplace Shopee dan Instagram. Untuk mendapatkan supplier baju2 PL pun mudah, ada banyak supplier yang juga langsung berjualan di Marketplace.

Biasanya baju preloved impor dijual per karung atau bal mulai dari 3 juta hingga 7 juta yang berisi ratusan hingga ribuan setel baju. Dijamin produk ini sangat diminati jika kamu berjualan di Shopee Live, dengan menjual satu pakaian Rp 20 ribu kamu sudah mendapatkan untung 2 kali lipat. Lumayan besar kan. Yuk, mulai!

3. Menghasilkan uang dari jualan online jamu atau minuman herbal

Saat kegiatan di luar rumah dibatasi akibat wabah Corona, tentunya pekerjaan yang bisa kita lakukan pun juga jadi sangat terbatas. Pekerjaan yang bisa dilakukan umumnya adalah pekerjaan yang berbasis online, salah satunya mengelola bisnis online shop.

Kamu bisa menjual produk fashion seperti: Pakaian, tas, sepatu hingga aksesoris. Fashion adalah produk yang paling banyak dicari orang saat berbelanja online. Selain itu, saat momen wabah Corona seperti ini, manfaatkanlah untuk menjual produk jamu dan ramuan herbal, produk ini sedang banyak dicari orang. Cara membuatnya mudah dan bahan-bahannya bisa kamu dapatkan dengan berbelanja di warung sayur.

Saat lagi di rumah aja kamu bisa membuka dan mengelola bisnis online shop kamu sendiri. Saat ini untuk membuat online shop tidak sulit, ada banyak marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual produkmu.

Selain memanfaatkan marketplace, kamu juga dimudahkan dengan media sosial seperti Instagram dan Facebook. Unggah produk jualan kamu ke sosial media lalu share ke teman-temanmu, atau jika punya modal kamu bisa mengiklankannya. Biaya iklan di Instagram dan Facebook juga tidak mahal kamu bisa beriklan mulai dari 50 ribu saja.

4. Jadi influencer di Instagram

Saat ini banyak orang yang bekerja dari rumah sebagai Influencer. Dengan follower yang dimiliki di Instagram, mereka bisa bekerjasama dengan perusahaan untuk mempromosikan produk dari perusahaan tersebut atau biasa disebut sebagai endorsement.

Dari setiap post dan story yang di upload, perusahaan akan membayar sesuai dengan perjanjian. Murah atau mahalnya bayaran tergantung seberapa besar audience atau follower yang kamu miliki di Instagram. Jika kamu aktif menggunakan Instagram mungkin pekerjaan ini bisa jadi pilihan selama wabah Corona masih berlangsung.

Upload konten yang menarik dan gunakan caption yang relatable dengan follower kamu. Perlahan followers kamu akan meningkat dan kamu bisa menawarkan jasa endorsement untuk online shop atau perusahaan yang ingin bekerjasama.

Ingat Jumlah followers yang masih sedikit bukan jadi penghalang bagi untuk kamu bercita-cita menjadi influencer. Ada banyak tips dan trik yang bisa kamu gali lebih dalam untuk mendapatkan followers dengan cepat.

5. Uang tambahan dengan mengisi survei online

Ada banyak situs di internet yang menawarkan survei online berbayar. Artinya dengan kamu mengisi survei pada situs tersebut kamu akan mendapatkan uang. Selain uang, biasanya reward yang diberikan berupa voucher atau kupon belaja, hadiah berupa barang, pulsa dan lainnya.

Survei seperti ini biasa dilakukan perusahaan yang ingin mengetahui opini masyarakat terhadap produk mereka. Bisa dibilang mengisi survei online adalah cara paling cepat dan paling mudah karena kamu tidak harus memiliki keterampilan khusus.

Akan tetapi, cara ini belum dapat menjadi cara paling efektif untuk menghasilkan uang yang banyak. Tapi tidak ada salahnya kamu coba untuk mengisi waktu luang saat bekerja dari rumah selama wabah Corona ini.

6. Dibayar jadi tutor online saat wabah corona

Saat ini ada banyak layanan les online seperti Ruang Guru dan Quipper yang membutuhkan tutor online. Buat kamu yang merasa menguasai mata pelajaran tententu, menjadi tutor online bisa jadi pekerjaan yang kamu lakukan saat di rumah.

Selain pelajaran sekolah, pelajaran online seperti desain grafis, web development, programming juga banyak diminati sehingga tutor online sangat dibutuhkan.

Saat wabah Corona seperti ini maka orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu luangnya di rumah. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan belajar online. Di sinilah permintaan terhadap jasa tutor online semakin meningkat.

Coba kamu pikirkan kira-kira adakah materi pelajaran atau keterampilan yang kamu kuasai? Kalau ada barangkali menjadi tutor online bisa jadi pilihan kamu.

7. Jual stock foto di internet

Ada banyak situs di internet yang memberikan kamu akses untuk mendapatkan foto-foto secara gratis ataupun berbayar. Situs seperti ini disebut sebagai stock website, sedangkan orang-orang yang berkontribusi mengirimkan karya grafisnya disebut stock artist.

Nah, Kalau kamu punya hobi dan skill fotografi, kamu bisa menjual hasil foto kamu sebagai stock foto di situs-situs seperti ini: Shutterstock, Flickr, Unsplash dan lain-lain. Pekerjaan ini tentu terbilang mudah untuk mendapatkan uang saat kamu tidak boleh keluar rumah.

Gimana daripada kamera kamu nganggur, mending kamu gunakan untuk mengambil gambar dan mencoba menjualnya di stock website. Lumayan kan bisa jadi uang. Selain bisa mendapatkan uang, situs stock foto ini juga bisa menjadi wadah bagi orang-orang yang mengagumi karya kamu dan menjadi portfolio pekerjaan kamu.

8. Buat website sendiri dan dapatkan uang dari sponsored post & affiliate marketing

Kamu bisa membuat website pribadi menggunakan situs blogger atau wordpress. Kamu bisa menulis beragam hal di website ini tergantung ketertarikan kamu. Jika website kamu memiliki pengunjung rutin maka kamu bisa mendapatkan uang dengan cara memonetisasi lewat google adsense. Setelah beriklan lewat google adsense maka kamu akan mendapatkan uang dari iklan yang dipasang di website.

Mirip seperti youtube, semakin banyak orang yang mengunjungi website kamu maka akan semakin banyak iklan yang ditampilkan dan semakin banyak uang yang bisa kamu dapatkan. Selain beriklan lewat google adsense kamu juga bisa mengikuti program affiliate marketing atau afiliasi pemasaran. Cara kerjanya sederhana, kamu tinggal menyematkan tautan produk dari perusahaan afiliasi pada konten website kamu. Jika produk tersebut diklik atau dibeli pengunjung website kamu maka kamu akan mendapatkan uang yang sudah disetujui harganya sebelumnya.

Contoh jika satu pengunjung yang membeli produk dari link yang ada di website kamu dibayar Rp. 20.000 maka jika ada 10 pengunjung kamu akan mendapatkan RP 100.000.

9. Menghasilkan uang dari bekerja sebagai penulis lepas

Saat ini ada banyak perusahaan yang memiliki website dan butuh untuk memperbarui kontennya. Biasanya mereka akan menggunakan jasa penulis lepas untuk mengisi konten artikel di websitenya.

Rata-rata harga artikel dengan 1.000 kata di website antara Rp. 25.000 – Rp. 100.000. Jadi jika kamu bisa menulis satu artikel sehari dalam sebulan kamu bisa menghasilkan penghasilan tambahan rata-rata Rp. 1.000.000 dari jasa penulisan. Uang tambahan yang lumayan bukan.

Kamu bisa mengerjakan satu tulisan dalam waktu dua jam dirumah selama pandemi corona masih berlangsung.

Ada banyak sekali website jasa penulisan di internet, kamu bisa mencari tawaran pekerjaan menulis dengan mengunjungi website tersebut. Pastikan juga kamu sudah memiliki portfolio tulisan yang bisa kamu tunjukan agar orang-orang semakin tertarik dengan jasa penulisan kamu.

10. Menjadi proofreader atau editor

Masih berhubungan dengan tulis-menulis, pekerjaan berikutnya adalah dengan menjadi proofreader atau editor freelance. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang memang suka membaca dan menulis

Sebagai proofreader kamu akan bekerja dengan memeriksa kesalahan-kesalahan ketik yang ada pada sebuah naskah agar menjadi enak dibaca. Kamu ditugaskan untuk memeriksa file, menemukan kesalahan ketik, dan memperbaikinya.

Apabila kamu memiliki pengetahuan tentang ejaan dan kaidah penulisan yang cukup kamu bisa bekerja sebagai editor tugasnya. Sebagai editor kamu bertugas untuk mengedit tulisan memperbaiki struktur dan tanda baca agar sesuai dengan kaidan penulisan.

Umumnya kamu akan dibayar berdasar jumlah halaman naskah yang dikerjakan. Biasanya berkisar antara Rp5.000 – Rp10.000 per halaman untuk standar penerbitan buku. Kamu bisa menumukan banyak lowongan untuk jasa ini diinternet.

11. Dapat penghasilan dari rumah sebagai penerjemah bahasa

Keterbatasan bahasa menjadi peluang bagi para ahli bahasa, karena jasa penerjemahan masih banyak dicari dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan.Era komunikasi global seperti sekarang ini menuntut para pengusaha untuk menawarkan produk atau jasanya dengan berbagai bahasa.

Jika kamu menguasai bahasa asing, kamu bisa memilih ide usaha ini. Dengan bermodalkan kemampuan berbahasa asing, kamu bisa mendapatkan penghasilan lebih.

Kamu bisa mencari pekerjaan penerjemah melalui berbagai situs online. Biasanya jasa ini banyak dicari untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting, makalah, jurnal, dan lainnya.

12. Menghasilkan uang tambahan dengan menjual jasa desain grafis

Jika kamu punya keterampilan desain grafis, kamu bisa memanfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan saat bekerja dirumah. Dengan modal, software desain dan jaringan internet kamu sudah bisa menjual jasa desain grafis lewat beberapa markteplace penyedia jasa jual beli desain grafis seperti sribu.com dan projects.co.id, 99designs.com, elance.com, serta upwork.com.

Agar semakin banyak klien yang tertarik menggunakan jasamu, pastikan kamu memiliki banyak portofolio desain terbaik. Jasa desain grafis banyak dicari oleh perusahaan untuk pembuatan kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior.

13. Jual barang bekas lewat online selama #dirumahaja

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghasilkan uang dari rumah saat wabah adalah dengan menjual barang-barang bekasmu secara online. Cara ini bisa kamu lakukan jika memang ada kebutuhan yang mendesak atau memang kamu memiliki barang-barang yang masih bagus namun sudah tidak kamu gunakan lagi.

Kamu bisa menjual lewat marketplace, sosial media atau langsung menawarkan ke teman atau keluarga lewat whatsapp.

Itu tadi 13 daftar pekerjaan yang bisa menghasilkan uang dan bisa kamu lakukan saat di rumah aja selama wabah virus Corona masih terjadi. Tetap semangat dan jaga kesehatan agar kamu bisa tetap produktif untuk mencoba melakukan pekerjaan ini!

*Selamat Mencoba*

Baca berita di Kitakabari.com bisa buka

  •  
  •  
  • Bagikan
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x