Disela Penyidikan Kasus Mentan Sahrul Yasin Limpo, Ada Penyelidikan Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo
Cloud Hosting

Ali juga tidak berkomentar banyak mengenai kabar SYL bakal menghadap Presiden Joko Widodo untuk mengundurkan diri. Menurutnya, tidak ada urgensi menghadap ke Jokowi sekarang untuk hengkang dari jabatannya. “Kalau dia belum jadi tersangka, terus apa yang urgen gitu kan?” ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengungkap sudah menerima informasi mengenai status hukum Menteri Pertanian SYL yang sudah ditetapkan menjadi tersangka. Kendati demikian, ia menyerahkan kepada KPK kapan akan menyatakan secara resmi status tersangka Mentan SYL.

Bacaan Lainnya

“Bahwa dia sudah tersangka? Ya saya sudah dapat informasi, malah sejak kalau eksposenya itu kan sudah lama kalau tersangkanya. Tapi resminya tersangkanya itu ya sudah dikeluarkanlah,” ujar Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/10/2023).

SYL diketahui melakukan kunjungan kerja ke Eropa pada 24 September 2023 dan awalnya dijadwalkan tiba di Tanah Air 30 September 2023. Namun, Kementerian Pertanian sempat kehilangan kontak dengan Syahrul Yasin Limpo, hingga yang bersangkutan tiba di Jakarta Rabu (4/10/2023) sore.

Sebelumnya, pada Jumat (29/9/2023), KPK mengumumkan telah meningkatkan status kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian ke tahap penyidikan. Penyidik KPK telah menetapkan sejumlah pihak sebagai tersangka dalam perkara tersebut. Namun, KPK belum bisa mengumumkan siapa saja pihak yang ditetapkan sebagai tersangka karena proses penyidikan dan pengumpulan alat bukti yang masih berlangsung.

KPK pun telah menggeledah kantor Kementerian Pertanian dan rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Dari penggeledahan yang dilakukan di kantor Kementan, tim penyidik menemukan dokumen dan bukti elektronik terkait dugaan rasuah di instansi tersebut.

Sedangkan dari hasil penggeledahan di rumah dinas Mentan SYL di Kompleks Widya Chandra, Jakarta pada Kamis (28/9/2023) hingga Jumat (29/9/2023), ditemukan uang tunai sekitar Rp 30 miliar yang terdiri atas pecahan rupiah, dolar AS, dan dolar Singapura. KPK juga menemukan sejumlah senjata api di rumah dinas Mentan.

Usai kepulangan SYL ke Indonesia pada Rabu (4/10/2023), banyak kabar berseleweran. Di antaranya, SYL melakukan perpisahan di Kementan dan menghadap Jokowi untuk mengundurkan diri dari jabatannya pada Kamis (5/10/2023).

sumber republika

Baca berita kami di GOOGLE NEWS

Pos terkait

Tinggalkan Balasan