Gubernur Ridwan Kamil Cek Progres Revitalisasi Setu Rawa Kalong

Cloud Hosting

DEPOK, – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengecek progres revitalisasi Setu Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Sabtu (18/12/2021).

Kurva pademi yang melandai membuat Ridwan Kamil kembali fokus menyelesaikan revitalisasi Setu Rawa Kalong yang akan jadi kebanggaan warga Depok.

“Selama dua tahun COVID-19 membuat kita harus refocusing, semua pembangunan terhambat, terlambat. Penting menyelamatkan nyawa dulu, setelah urusan nyawa selamat dan COVID-19 melandai bagus sekarang kita kembali mengurusi hal-hal yang seharusnya, yaitu mengurusi pembangunan,” ujar Ridwan Kamil.

Apalagi jika dilihat secara geografis, wilayah Depok memang memiliki kekayaan alam danau melimpah. Maka dari itu, Pemda Provinsi Jabar mengubah Setu Rawa Kalong yang tadinya kumuh jadi destinasi wisata unggulan.

“Kekayaan Depok itu banyak setu atau danau. Tapi dulu kumuh, kotor, jorok dan sebagainya. Nah ini kita beri contoh satu dari provinsi nanti bisa dari pusat, satu dari pemkot untuk terus memperbaiki kekayaan Depok yang tidak dimiliki oleh kota lain yaitu danau. Jadi ini luar biasa,” katanya.

Progres pembangunan Setu Rawa Kalong sendiri saat ini telah mencapai 70 persen. Menurut gubernur nantinya akan ada floating bagi pejalan kaki. Selain itu, bagian dinding dari beberapa bagian akan dimural sehigga menjadi destinasi yang layak untuk dipakai nongkrong bersama keluarga.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Penuhi Janji Desain Islamic Center dan Sungai Musi Palembang

“Sehingga orang Depok jangan pikirannya itu kerja tapi juga ada pikniknya menikmati kotanya. Kota yang baik adalah kota yang warganya sering keluar rumah untuk rekreasi,” sebutnya.

Peresmian direncanakan akan dilaksanakan pada bulan April – Mei 2022 dengan syarat semua fasilitas dasar bisa rampung pada awal tahun depan.

“Feeling saya April – Mei kalau tidak ada halangan bisa diresmikan,” harap kang Emil.

Saat melakukan tinjauan, Kang Emil bersama Wali Kota Depok Mohammad Idris menemui salah seorang warga sekitar Setu Rawa Kalong. Hal itu dilakukannya untuk menerima aspirasi terkait keinginannya agar tidak ada pembatas yang menghalangi pemukiman penduduk.

“Tadi juga aspirasi warga saya sepakat jangan dibenteng semua, kan biar warga jadi Satpol PP- nya. Justru bagi yang di sini mendapatkan kesejahteraannya,” jelas Gubernur.

Selain itu, Gubernur pun akan  memberikan fasilitas bagi yang gemar memancing di Setu Rawa Kalong. Karena menurutnya, budaya memancing tidak boleh dihilangkan dari keseharian warga Depok.

Baca Juga :  Zona Risiko Diperbarui, Dua Daerah Jabar Berstatus Zona Merah

“Budayanya juga tidak boleh dihilangkan, cuma jangan semua jadi titik mancing, ada zona-zonanya nanti oleh yang mengatur dikasih tahu. Mancingnya zona tertentu, yang ini zona apa-apa jadi lebih tertib,” ungkapnya.

Wali Kota Depok Mohammad Idris menyambut baik kedatangan Gubernur Ridwan Kamil untuk meninjau langsung progres pembangunan Setu Rawa Kalong.

“Ini salah satu atensi perhatian dari Pak Gubernur Jabar untuk Kota Depok yang memang sudah terlihat memang dari sisi eksistingnya sudah ada,” katanya.

Menurut Idris, saat ini memang Kota Depok telah melakukan berbagai pembaharuan terkait revitalisasi tempat wisata. Salah satunya Setu Rawa Kalong.

“Untuk tadi memberdayakan potensi Kota Depok yang memang banyak di antaranya setu ini,” katanya.

Ia pun meminta Kang Emil untuk mendesain Masjid Raya Depok yang akan menjadi wisata religi kebanggaan warga Kota Manggis.

“Nanti kita beberapa tempat rekreasi religi meminta gubernur sudah bersurat kita minta gubernur sebagai desainer untuk masjid-masjid yang memang sudah kita usulkan ke beliau,” pungkasnya.

Baca berita di Kitakabari.com bisa buka

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *