AMRULLAH: Minyak Mentah Cemari Sungai, Apabila Ada Kelalaian Akan Dibawah ke Ranah Hukum

Cloud Hosting

MUSI BANYUASIN, –  Adanya tumpahan minyak mentah yang genangi Sungai Dawas Keluang sampai ke Sungai Parung Desa Srigunung Sungai Lilin, membuat Sekretaris Barisan Aktivis Hijau Sriwijaya (BAHARI) Amrullah angkat bicara.

Menurut Amrullah, jika memang benar hal itu terjadi adanya tumpahan minyak mentah sampai mencemari sungai, ini akan menjadi penilai buruk bagi Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, khususnya Pemerintah Kecamatan Keluang, apakah tidak ada pengawasan.

Bacaan Lainnya

Apalagi lanjut Amrullah, tumpahan minyak mentah tersebut dari adanya dugaan aktivitas ilegal drilling, sungguh sangat disayangkan, ini sebuah tragedi pencemaran lingkungan yang sangat mencekam, tidak bisa kita mengatakan tidak ada apa-apa, hanya karena ini perbuatan ilegal demi penghidupan rakyat banyak. Jelas ini sudah merusak lingkungan dan ekosistem yang ada.

Maka dari itu, perlu diciptakan dan dipelihara keserasian dan keseimbangannya, sehingga tidak terjadi masalah-masalah lingkungan. Hal ini semua sudah diatur dalam UU 23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup dan UU 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Pelanggaran terhadap lingkungan jelas sebuah kejahatan, ujar Amrullah

Insyaallah dalam waktu dekat ini akan menyempurnakan data yang sudah kami peroleh dan akan kami bawah ke ranah hukum, tentu akan kami gugat dalam hal ini Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan dan instansi terkait lainnya, lanjutnya.

Kami menduga ada unsur kelalaian dalam mencegah terjadinya kerusakan lingkungan, tentu saja ini tidak sejalan dengan cita-cita bangsa, saat Presiden Jokowi meninjau pembangunan persemaian mentawir di kawasan ibu kota nusantara (IKN) bersama Menteri LHK Siti Nurbaya dan Wakil Menteri LHK Alue Dohong, (22/06/2022) lalu.

“Kita mau menunjukkan bahwa kita serius urusan lingkungan, itu serius. Justru kita enggak bangun disini itu lingkungan makin rusak. Itu aja yang harus digarisbawahi, ujar ujar Presiden saat berdiskusi dengan para pemred.

Mungkin dalam waktu dekat ini kami juga akan gelar aksi terkait adanya pencemaran lingkungan yang di akibatkan tumpahan minyak mentah tersebut.

Baca berita kami di GOOGLE NEWS

Pos terkait

Tinggalkan Balasan