Libatkan Perusahaan, Beni Hernedi Siapkan Solusi Tantangan Bonus Demografi

Cloud Hosting

PALEMBANG, – Lebih siap dan nyata, mungkin kalimat inilah yang pantas disematkan kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terkhusus dalam persiapan menghadapi tantangan bonus demografi.

Betapa tidak, berdasarkan data di Kabupaten Muba tercatat ada sekitar 72 persen penduduk Muba merupakan usia produktif.

“Jadi, lebih dari separuh warga Muba itu perlu kerja dan harus difasilitasi,” ucap Plt Bupati Beni Hernedi SIP di sela Forum Group Discussion (FGD) Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dengan Seluruh Pemangku Kepentingan Ketenagakerjaan Wilayah Kabupaten Musi Banyuasin dan Sosialisasi Peraturan Ketenagakerjaan Tahun 2021 di Ballroom Hotel Santika Premiere Bandara Palembang, Rabu (2/12/2021).

Baca Juga :  Sumsel Bakal Kerjasama Bidang Iptek dengan Negara Rumania

Beni merinci, Muba memiliki banyak mitra atau perusahaan migas dan perkebunan yang berdomisili kerja di Kabupaten Muba. “Kalau para pihak perusahaan atau pemangku kepentingan bisa bersinergi dengan baik, tentu tantangan bonus demografi dapat dilalui dengan mudah,” ulasnya.

Ketua PMI Muba ini menambahkan, salah satu solusi untuk menghadapi tantangan bonus demografi yakni dengan adanya keberadaan Muba Vocational Centre yang mana merupakan wadah pelatihan bagi calon tenaga kerja serta generasi muda pencari kerja agar bisa mengasah skill untuk persiapan kerja.

Baca Juga :  Bupati Dodi Reza Pertegas Larangan Mudik dan Perketat PPKM di Muba

“Oleh sebab itu, dalam kesempatan itu saya minta dukungan yang maksimal dari para pemangku kepentingan agar MVC ini keberadaannya benar-benar berfungsi dengan baik, sehingga serapan tenaga kerja lokal di Muba sesuai harapan para perusahaan di Muba,” terangnya.

Beni mengungkapkan, meski terdata angka pengangguran terbuka di Muba menurun jumlahnya, namun pihaknya tidak berpuas diri dan selalu ingin maksimal dalam memaksimalkan serapan tenaga kerja lokal di Muba.

Baca berita di Kitakabari.com bisa buka

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *