Timnas Indonesia Gasak Laos dengan Skor 5-1

Cloud Hosting

BOLA, – Timnas Indonesia memetik kemenangan telak pada laga kedua mereka di Grup B Piala AFF 2020 setelah menggasak Laos dengan skor 5-1 di Stadion Bishan, Minggu (12/11) petang WIB.

Bacaan Lainnya

Performa Indonesia mengalami perbaikan, terutama di babak kedua, dibandingkan laga pertama. Akibatnya, Laos tidak mempunyai banyak kesempatan untuk melakukan tekanan ke pertahanan Indonesia. Kemenangan ini mengantarkan Indonesia ke puncak klasemen dengan nilai enam, karena unggul agresivitas gol dari Malaysia.

Duel antara Laos dan Indonesia sudah berlangsung ketat di awal babak pertama. Kedua tim memperlihatkan permainan terbuka, namun mengalami kesulitan untuk menembus pertahanan lawan masing-masing.

Selepas laga berjalan 15 menit, Indonesia mulai menguasai permainan, dan tidak memberikan kesempataan kepada Laos untuk berkembang. Hanya saja, rapatnya area pertahanan Laos membuat Indonesia membentur tembok kukuh.

Indonesia akhirnya membuka keunggulan melalui eksekusi penalti Asnawi Mangkualam Bahar pada menit ke-23. Hadiah penalti diberikan wasit menyusul pelanggaran Kydavone Souvanny terhadap Alfeandra Dewangga.

Laos sempat berusaha menyamakan kedudukan, tapi timnas senior berhasil memperlebar keunggulan di menit 34. Asnawi yang menyisir sisi kanan serangan melepaskan umpan ke depan kotak penalti, dan Irfan Jaya menyambut dengan dadanya untuk mencetak gol.

Baca Juga :  Hasil Liga Inggris: Chelsea Ditahan Imbang Wolves dengan Skor 2-2

Namun keunggulan dua gol membuat pertahanan Indonesia lengah, sehingga serangan balik Laos memberikan hukuman bagi skuad Garuda empat menit sebelum babak pertama usai. Souvanny membayar kesalahannya di gol pertama Indoensia dengan menjebol gawang Ernando Ari setelah menyambut umpan Bounphacan Bounkong. Babak pertama pun ditutup dengan skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Laos dan Indonesia kembali memperlihatkan permainan terbuka di awal babak kedua. Dedik Setiawan sempat menjebol gawang Laos pada menit ke-53, namun dianulir wasit, karena menganggap bola umpan yang dilepaskan Evan Dimas sudah keluar lapangan terlebih dulu.

Upaya Indonesia untuk memperbesar keunggulan akhirnya terealisasi selang tiga menit kemudian. Irfan melakukan penetrasi di sisi kanan pertahanan Laos, dan melepaskan umpan yang diselesaikan Witan Sulaeman dengan baik.

Tim Merah Putih mendapatkan peluang pada menit ke-68 setelah menembus pertahanan rapat Laos. Sayangnya, Witan tidak berhasil menuntaskan peluang usai menerima umpan terobosan Dedik.

Baca Juga :  Conference League, AS Roma Kalahkan CSKA Sofia dengan Skor 3-2

Indonesia makin memperlebar selisih gol setelah mengungguli Laos 4-1 di menit ke-77. Witan Sulaeman yang menusuk di sisi kanan serangan selanjutnya melepaskan umpan silang untuk diselesaikan Ezra Walian.

Tim besutan Shin Tae-yong ini selanjutnya mendapatkan dua peluang berturut-turut. Pada menit ke-81, tendangan Ramai Rumakiek ditepis kiper Keo Oudone Souvanasangso. Selang satu menit kemudian, tandukan Elkan Baggott mengenai tiang gawang.

Indonesia akhirnya menggenapkan kemenangan menjadi 5-1 enam menit menjelang laga berakhir. Umpan lambung Alfeandra disambut Evan Dimas untuk mencetak gol keduanya di Piala AFF 2020. Skor ini bertahan hingga peluit panjang ditiupkan wasit.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Laos: Keo Oudone Souvanasangso; Kaham Phetsivilay, Xeedee Pomsavanh, Mitsada Saitalfah, Thipphachanh Inthavong, Phathana Phommathep, Phoutthasay Khochalem, Loungleuang Keophouvong, Kydavone Souvanny, Bounphacan Bounkong, Billy Ketkeophomphone.

Indonesia: Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Edo Febriansah, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Dedik Setiawan, Kushedya Hari Yudo, Irfan Jaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.